KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN



A. APA ITU BELAJAR ?

Para ahli di bidang pendidikan menyebutkan definisi tentang belajar dengan versi masing-masing. Berikut pnegrtian belajar menurut para ahli.
  1. Menurut Gagne (1977), Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.
  2. Menurut Moh. Surya (1981:32), Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
  3. Menurut Ngalim Purwanto (1992 : 84), Belajat adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
  4. Menurut Cronbach (1954), Learning is shown by a change in behaviour as result of experience.
  5. Menurut James O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri, 1999), Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.


B. APA ITU PEMBELAJARAN ?

Definisi pembelajaran dikemukakan para ahli sebagai berikut.
  1. Menurut Duffy dan Roehler (1989), Pembelajaran adalah suatu usaha yang sengaja melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional yang dimiliki guru untuk mencapai tujuan kurikulum.
  2. Menurut Gagne dan Briggs (1979:3), Instruction atau pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.
  3. Menurut Oemar Malik (Sanjaya, 2008:6), Pembelajaran adalah suatu kombinasi terorganisir yang didalamnya meliputi unsur-unsur manusiawi, material, perlengkapan, dan procedural yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.
  4. Menurut Warsita (2008:85), Pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik.
  5. Menurut Corey (1986:195), Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan.
  6. 6. Menurut Dimyati dan Mudjiono (1999:297), Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.


C. APA ITU DESAIN PEMBELAJARAN ?

Pengertian Desain Pembelajaran menurut para ahli adalah sebagai berikut.
  1. Menurut Smith & Ragan (1993), Desain pembelajaran merupakan prinsip-prinsip penerjemahan dari pembelajaran dan instruksi ke dalam rencana-rencana untuk bahan-bahan dan aktivitas-aktivitas instruksional.
  2. Menurut Syaiful Sagala (2005:136), Desain pembelajaran adalah pengembangan pengajaran secara sistematik yang digunakan secara khusus teori-teori pembelajaran untuk menjamin kualitas pembelajaran.
  3. Menurut Reigeluth (1983), Desain pembelajaran adalah kisi-kisi dari penerapan teori belajar dan pembelajaran untuk memfasilitasi proses belajar seseorang.
  4. Menurut Gagnon dan Collay (2001), Desain bermakna adanya keseluruhan, struktur, kerangka atau outline, dan urutan atau sistematika kegiatan. Dalam pembelajaran, berarti keseluruhan, struktur, kerangka atau outline, dan urutan atau sistematika kegiatan belajar-mengajar.
  5. Menurut Kemp, Morrison dan Ross (1994), Esensi desain pembelajaran hanyalah mencakup empat komponen, yaitu : peserta didik, tujuan, metode, evaluasi.

Sumber : Buku 53 Metode Belajar Pembelajaran


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel